Memilih Keramik Lantai untuk Rumah Anda? Coba 5 Tips Ampuh Ini

Lantai rumah merupakan bagian dari eksistensi keindahan yang terbentuk di dalam rumah. Memilih keramik lantai yang cocok memang tidak mudah. Keramik lantai dibedakan berdasarkan dimana lantai tersebut berada. Lantai teras tentunya berbeda dengan lantai kamar mandi, lantai dapur tentunya berbeda dengan lantai kamar.

memilih keramik lantai ukuran besar

Sebelum kita mambahas tentang cara memilih keramik lantai rumah yang baik, Anda perlu mempelajari fungsi dari lantai tersebut. Lantai ini berfungsi menunjang kegiatan yang ada dalam ruangan tersebut. Menunjang disini artinya memperkuat karakter ruangan tersebut sesuai dengan tema atau konsep ruangannya.

Nah kali ini Karya Salon Property mau memberikan beberapa tips untuk memilih keramik lantai rumah. Terdapat beberapa point penting yang harus Anda perhatikan sehingga memberikan keindahan dan nilai plus lantai dalam sebuah ruangan.

Memilih Model Dan Motif Lantai Keramik yang Benar

1. Pilih warna keramik yang sesuai

Memilih keramik lantai kamar tidur

Sebelum memilih, Anda perlu tahu tema atau konsep ruangan yang ingin dipasang keramik lantai. Jika rumah Anda termasuk dalam kategori rumah minimalis, carilah keramik yang berwarna cerah. Warna gelap pada keramik cenderung memberikan kesan rumah yang sempit dan sumpek.

2. Pilih ukuran keramik

Pemilihan ukuran keramik juga disesuaikan dengan luas ruangan yang ada di rumah Anda. Jika ruangan rumah luas, maka pilihlah ukuran keramik yang lebar. Begitu juga sebaliknya, jika ruangan sempit maka gunakan ukuran keramik dengan ukuran kecil. Ingat! Ukuran keramik memiliki peran penting dalam menciptakan “image” dalam sebuah ruangan di rumah Anda.

3. Memilih motif keramik

Saat ini terdapat ribuan bahkan jutaan motif keramik yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan keramik lantai Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk memilih motif yang sesuai dengan tema ruangan Anda. Usahakan warna dan motif keramik lantai itu balance dengan dinding dan interior ruangan.

4. Permukaan keramik

Memilih keramik lantai kamar mandi

Memilih permukaan keramik ditujukan untuk menunjang fungsi ruangan itu sendiri. Ruangan yang lantainya sering basah seperti kamar mandi maka carilah keramik dengan permukaan yang agak kasar atau kasar. Hal ini ditujukan agar tidak licin saat terinjak. Pemilihan permukaan keramik juga menentukan nilai estetika dari sebuah ruangan.

5. Kualitas Bahan Keramik

Nah yg satu ini wajib untuk Anda periksa dalam memilih keramik lantai. Keramik dengan bahan berkualitas tentunya akan awet dan tahan lama saat dipasang. Lalu bagaimana caranya memilih dengan kualitas bagus?

Sebenarnya cukup sederhana dalam memilih keramik dengan kualitas bagus. Simak point-point di bawah ini ya.

Mengangkat Keramik

Cara pertama adalah dengan mengangkat keramik tersebut. Jika pada saat diangkat keramik tersebut memiliki berat ringan, maka bisa jadi keramik tersebut tergolong dalam keramik berkualitas rendah. Hal itu juga dikarenakan keramik memiliki serat yang keropos dan rentan pecah.

Mengusap permukaan Keramik

Cara kedua yaitu dengan mengusap permukaan keramik lantai tersebut. Jika pada permukaan keramik tersebut meninggalkan jejak jari, maka kemungkinan keramik tersebut memiliki kualitas buruk.

Menguji Anti Gores

Cara ketiga yaitu dengan mencoba menggoreskan sesuatu pada permukaan keramik lantai. Jika terdapat bekas goresan, maka bisa jadi keramik tersebut memiliki kualitas yang buruk. Sebaliknya, keramik yang baik tidak bisa tergores dengan mudah.