Cara Mudah Renovasi Rumah Biaya Murah Tanpa Hutang

Tips dan Prinsip Merenovasi Rumah

Metode renovasi rumah seperti apa yang efektif diaplikasikan sebelum menjual atau menyewakan hunian tersebut? Jawabannya dapat Anda dapatkan di sini.

Sebelum datangnya penyewa ataupun pembeli sebuah rumah, kebanyakan para pemilik memiliki strategi untuk membikin hunian mereka menjadi lebih ‘eye catching’.

Tetapi ada sebagian yang merenovasi rumah dengan dana yang pas-pasan yang malahan dapat membikin rumah seperti rumah hantu yang berpenghuni.

Di sisi lain ada juga sebagian yang menghabiskan banyak dana, sehingga membikin mereka malahan terlilit kerugian.

Berikut ialah prinsip-prinsip pemilik agar mengerjakan ‘semestinya’ – dan ‘tak’ dalam merenovasi rumah

Jangan melulu fokus pada Ruang Tamu. Sekarang fokus pada dapur, kamar mandi dan kamar tidur.

Banyak pemilik hunian membikin kesalahan dengan mengeluarkan banyak dana untuk merenovasi ruang tamu, banyak yang terpikir bahwa pembeli atau penyewa fokus pada ruang tamu, tetapi pada kenyataannya mereka hanya butuh 30 detik saja untuk mengamati ruang tamu.

Anda semestinya memposisikan diri sebagai pembeli dahulu. Apa yang sekiranya hal pertama yang semestinya Anda observasi pada sebuah rumah yang akan ditinggal untuk 3-4 tahun kedepan?

Yap, jawabannya pasti dapur, WC, kamar tidur. Jika bagian tersebut buruk, ruang tamu terbaikmu tak akan membantu.

Gunakan perbandingan 70/30. Untuk bagian 70% ini pakai untuk tarif untuk perbaikan dapur, WC, dan kamar tidur. Sisanya masuk ke bagian lain dari rumah.

Gunakan kran, shower, dan penerangan

Kran, shower, dan lampu ialah tiga hal penting. Kran berkarat, shower kamar mandi mati, dan lampu rusak, betul-betul berimbas terhadap calon penyewa ataupun pembeli.

Pilih cat dinding yang berkwalitas

Jangan memilih cat dinding yang asal murah saja, karena dinding dengan cat murah itu akan Terlihat kurang bagus karena lazimnya memiliki warna yang pudar.

Jangan lupa untuk memoles dinding dengan benar, tak asal-asalan. Karena dapat terjadi pewarnaan yang tak merata sehingga membikin keratin dan garis-garis pada dinding, sehingga rumah Anda tak kelihatan rapi.

Bersihkan jamur-jamur yang melekat

Lazimnya jamur itu hadir di lantai kayu maupun panel pintu. Jika Anda termasuk yang memiliki persoalan dengan hal ini, segeralah membersihkan bagian-bagian tersebut.

Jamur akan selalu muncul dan tumbuh lagi jika Anda hanya mencabutnya. Anda semestinya membersihkannya dengan pembersih khusus untuk perabot kayu.

Pada saat itu akan kelihatan menjijikan dimata penyewa atau pembeli jika mereka sampai mengamati jamur-jamur tersebut.

Gantilah karpet yang telah berubah warna apalagi yang telah compang-camping

Pakailah karpet berubah warna atau compang-camping itu memberikan kesan bahwa rumah dekil.  Jangan biarkan hal ini terjadi, agar calon penyewa ata pembeli tak lari.

Anda sedikit mengeluarkan dana ektra untuk membeli karpet yang baru agar menarik perhatian pembeli atau penyewa.

Bicara soal renovasi rumah tidak melulu soal kerusakan lho. Renovasi rumah dapat jadi sistem buat me-refresh kehidupan penghuninya biar tidak bosen.

Renovasi Rumah Tanpa Hutang

Renovasi tidak berarti mesti membongkar segala rumah lho. Sedikit sentuhan minimalis untuk menyegarkan suasana sudah tergolong renovasi kok.

Sebelum menetapkan merenovasi rumah, pastikan dulu sebagian hal ini:

1. Tentukan Titik Renovasi

Apabila Anda memiliki rencana untuk memperbaiki rumah dengan budget tertentu, cobalah untuk memprioritaskan spot-spot yang mengalami kerusakan. Bila atap atau talang air telah tidak mampu menahan derasnya hujan alias bocor di mana-mana, hal itu perlu diutamakan.

Anda perlu mencermati setiap sudut rumah dan mencatat ruangan mana saja yang perlu direnovasi. Menetapkan spot-spot renovasi ini penting sebagai patokan supaya Anda tidak mengeluarkan dana lebih untuk renovasi yang tidak terlalu perlu.

2. Tentukan Budget Pengeluaran

Setelah segala spot telah dicatat, saatnya buat pos-pos pengeluaran. Yang perlu diingat, renovasi rumah lebih baik dipersiapkan semenjak jauh hari. Ini penting supaya Anda nggak perlu mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau utang sana-sini.

Yang jelas, renovasi rumah itu tidak mesti mahal. Sebab kenyamanan itu tidak terletak pada seberapa mahal lantai keramik Anda. Pastikan bahwa pemilihan material, cara kerja renovasi dan desain selalu berpatokan pada anggaran, dan bukan sebaliknya.

3. Survei

Bila pos-pos pengeluaran telah diatur, dapat dilanjutkan dengan survei di kios bahan bangunan. Sediakan waktu yang cukup supaya dapat membandingkan satu sama lain.

Trik harus dalam renovasi rumah ialah jangan malas membandingkan harga dari satu kios ke kios lain

Dilarang keras lantas membeli bahan bangunan di tempat pertama yang Anda kunjungi. Soalnya, Anda tidak bakal tahu mana harga terbaik yang dapat Anda dapatkan.

4. Unsur Keselamatan

Meskipun judulnya renovasi on budget bukan berarti keselamatan member keluarga diacuhkan. Murah sih boleh, namun kualitas konsisten nomor satu. Beberapa material seperti pipa, atap, fondasi, dan rangka atap kudu mesti pantas standar kualitas.

Anda juga perlu memperhatikan cat pelapis untuk dinding luar. Pilihlah yang berkualitas meskipun harga agak mahal. Pasalnya, cat yang bagus bakal lebih awet melindungi rumah Anda dari paparan cuaca. Jadi tidak perlu mengecat rumah tiap-tiap sebagian tahun. Ini berarti menghemat kan?

5. Jasa Kontraktor atau Pemborong?

Bila renovasi yang akan dilakukan tergolong besar, Anda dapat memilih menggunakan jasa pemborong atau kontraktor. Tentu saja ini berhubungan dengan budget yang Anda miliki. Supaya proses renovasi lancar, Anda perlu penyiapkan dana jauh sebelum proyek renovasi dilaksanakan.

Untuk pemborong, carilah menurut rujukan atau saran dari sahabat, tetangga atau keluarga. Sistem yang digunakan umumnya berupa harian atau borongan.

Bila menggunakan jasa pemborong, Anda dapat leluasa berkonsultasi dengan mandor atau tukang bangunan seputar budget yang Anda miliki. Hanya saja Anda mesti menyediakan bahan bangunan sendiri.

Tapi jangan kuatir, umumnya mereka akan memberi usulan soal harga-harga material dan pilihannya jikalau ada. Jangan lupa untuk mengkroscek segala info yang diterima dengan mendatangi banyak toko bangunan. 

Beda lagi dengan kontraktor, Anda dapat duduk manis tanpa perlu memikirkan jenis material bangunan sebab telah disediakan oleh mereka. Tapi Anda juga konsisten mesti hati-hati jikalau berjumpa kontraktor bandel. Meskipun Anda hanya terima bersih, pastikan Anda tahu kualitas material yang digunakan dan harga di pasaran.

Nah, kalau masalah kontraktor yang bagus dan aman, Anda bisa bertemu dengan Karya Salon Properti untuk konsultasi dan melayani segala kebutuhan konstruksi.

Kesimpulan

Jadi, renovasi rumah murah tanpa utang itu hanya dapat dilakukan jikalau Anda menyiapkan budget yang matang. Persiapan itu pun mesti dilakukan jauh-jauh hari.

Bila hanya sekedar bosan dengan nuansa rumah saat ini, Anda dapat merenovasi rumah secara simpel dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar. Untuk furnitur misalkan, dapat memanfaatkan limbah kayu atau kayu bekas.

Yang perlu diingat ialah, jikalau renovasi rumah itu termasuk merombak denah, maka perlu buat mengurus IMB. Ini mesti peraturannya jikalau tidak mau kesandung masalah di kemudian hari.

Ingat, semua hal diatas tak selalu mengeluarkan dana yang mahal. Anda hanya perlu focus untuk memilah-milah apa saja yang semestinya di renovasi. Selamat merenovasi!

Contoh Foto Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Butuh bantuan profesional untuk proyek Anda?

Ceritakan Keinginan Anda

.