BERAPA BIAYA BANGUN RUMAH MINIMALIS?

Biaya Bangun Rumah Minimalis

Rumah minimalis yaitu salah satu rumah yang paling banyak dibangun di Indonesia. Biaya bangun rumah minimalis bisa dibilang relatif murah. Konsep rumah minimalis sendiri dijadikan sesimpel mungkin dengan furniture sedikit dan desain modern. Gaya rumah ini terinspirasi dari hidup zen asal Jepang yang berpendapat bahwa kian sedikit furniture yang dipasang, maka hunian akan semakin hening dan nyaman.

Rumah minimalis terdiri dari sebagian jenis ukuran diantaranya tipe 21, 36, 45, dst. Angka tersebut merujuk terhadap ukuran bangunan rumah yang dihitung dalam skala meter persegi (m2). Adapun tipe bangunan rumah 36/60 yang diartikan luas bangunan 36 m2 dibangun di atas lahan seluas 60 m2. Simak secara mendetail metode membikin estimasi biaya bangun rumah minimalis.

Pentingnya membuat anggaran biaya bangun rumah minimalis

Anggaran biaya bangun rumah minimalis per meter persegi penting diterapkan sebagai referensi/ rujukan untuk mengenal berapa uang yang seharusnya dikeluarkan. Sebelum membangun rumah hal yang demikian, ada pantasnya Anda juga telah memilih lokasi dan membeli tanah yang layak kemauan. Biaya ini sebab lokasi berbeda akan mempunyai perbedaan harga bangun rumah, apalagi dalam hal biaya daya kerja serta biaya material. biaya daya kerja di Jakarta  tidak sama dengan biaya daya kerja di Bandung atau Surabaya.

Pentingnya estimasi biaya bangun rumah juga bisa diterapkan sebagai referensi dalam membangun di masa selanjutnya. Anda dapat membagikan referensi hal yang demikian terhadap rekan-rekan yang mau membangun rumah sendiri. Cara itu, perhitungan biaya ini juga menampilkan supaya Anda dapat lebih efisien dalam menghemat biaya pelaksanaan. Coba bayangkan apabila Anda tidak tahu berapa kisaran biaya yang perlu dihabiskan, dapat jadi dana Anda akan kurang atau malahan sebaliknya terlalu boros.

1. Biaya daya kerja/ tukang

Selain membangun rumah, Anda seharusnya mencari tahu harga pasaran jasa tukang atau daya kerja. Anda juga perlu cari tahu kaprah-kaprah berapa jumlah tukang yang diperlukan untuk memecahkan hunian Anda. Terdapat cara bayaran harian dan borongan. Bedanya ialah biaya daya kerja dihitung menurut bayaran harian yang dibayarkan, padahal cara borongan tak dihitung menurut bayaran harian, melainkan luas lahan yang dijalankan serta biaya material yang diterapkan.

Itulah sebabnya mengaplikasikan cara borongan dirasa lebih menguntungkan bagi pemilik rumah sebab meskipun rumah belum selesai dari sasaran yang telah diatur. Pemilik rumah tidak perlu membayar tambahan biaya daya kerja sebab bayaran tidak dihitung menurut bayaran harian.

Baca Juga: Tips Sebelum Membangun Rumah

Sebagai referensi, berikut daftar bayaran harian daya kerja bangun rumah:

Tukang gali = Rp 80.850
Tukang batu = Rp 115.850
Tukang kayu = Rp 115.850
Tukang besi profil = Rp 125.850
Tukang besi beton = Rp 120.850
Tukang cat/ pelitur = Rp 115.850
Tukang ledeng = Rp 115.850
Tukang listrik = Rp 120.850

Dengan besaran biaya di atas, karenanya apabila Anda butuh 8 tukang/ daya kerja tiap-tiap hari untuk memecahkan rumah minimalis, karenanya Anda seharusnya mengeluarkan biaya daya kerja sebanyak Rp 911.800. Para daya kerja atau tukang ini lazimnya akan diawasi oleh seorang mandor. Harga bayaran mandor Rp 158.000 per harinya jadi total biaya yang seharusnya digelontorkan Rp 1.069.800.

Tentunya ketetapan rata-rata harga bayaran harian di atas hanyalah estimasi, sebab berbeda kota akan berbeda harga bayaran daya kerjanya. Cara itu, harga pasaran juga dapat berubah dari waktu ke waktu. Kadang pemilik rumah juga dapat menjalankan tawar menawar dengan tukang.

2. Menghitung luas rumah minimalis

Luas bangunan rumah yang akan dibangun memberikan pengaruh biaya membangun rumah. Itulah sebabnya biaya bangun rumah minimalis tipe 36 pasti akan lebih murah ketimbang tipe 45, 60, dst.

Sebagai contoh, Anda mau bangun rumah minimalis tipe 36/75 yang berarti luas tanah merupakan 75 m2. Kesimpulannya harga tanah merupakan Rp 2.500.000 per m2 karenanya untuk membeli tanah hal yang demikian seharusnya mengeluarkan biaya sebanyak 75 x Rp 2.500.000 = Rp 187.500.000.

Harga hal yang demikian masih ditambah dengan biaya bangun rumah, apabila per meternya Rp 2.000.000 karenanya sempurna biaya yang diperlukan dalam membangun rumah minimalis merupakan 36 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 72.000.000. Sebab, diperoleh sempurna membangun rumah minimalis tipe 36 plus beli tanahnya merupakan Rp 187.500.000 + Rp 72.000.000 = Rp 259.500.000.

Sebagai kiat, supaya lebih hemat dalam hal biaya karenanya lebih bagus membangun rumah bertingkat semisal 2 lantai. biaya bangun rumah minimalis 2 lantai umumnya harga disesuaikan dengan luas bangunan yang dikali harga membangun per meter persegi. Justru Anda akan memperoleh hunian yang lebih banyak ruangannya dengan harga relatif murah.

3. Biaya material/bahan bangunan

Untuk rumah minimalis, sebagian material diterapkan untuk membangun fondasi, struktur, lantai, atap/ genteng, pintu, kusen jendela, dan cat dinding. Bahan-bahan rumah yang diterapkan antara lain seperti:

Batu bata = Rp 725 per biji
Kayu = Rp 15 ribu sampai Rp 200 ribu tergantung jenisnya
Besi/ baja = Rp 15 ribu sampai Rp 100 ribu per batang
Rangka atap baja ringan = Rp 120 ribu per meter m2
Genteng = Rp 4 ribu sampai Rp 175 ribu tergantung jenisnya (genteng keramik, beton, tanah liat, aspal, metal, sirap, dan lain-lain)
Kusen kayu = Rp 67 ribu sampai Rp 5 juta tergantung jenisnya
Kusen almunium = Rp 95 ribu sampai Rp 20 ribu per unit
Kusen uPVC = Rp 215 ribu per meter, dan lain-lain.

Contoh tertinggal biaya-biaya material pendorong lainnya, seperti membangun kamar mandi minimalis dibutuhkan peralatan mandi seperti: shower, kloset, wastafel, keramik kamar mandi, dan sebagainya. Itu segala bertumpu dari merek yang dipilih. Anda dapat memastikan mau mengaplikasikan merek apa seperti American Standard, TOTO, dan lain-lain.

Sebagai sangkaan, bahan-bahan bangunan dalam membangun rumah minimalis 1 lantai bisa menempuh Rp 3.250.000 per meternya, padahal untuk 2 lantai dapat menempuh Rp 3.800.000 per meternya. Anda bisa menghemat biaya material dengan membeli bahan bangunan layak budget yang diatur dari permulaan. biaya rumah juga ada pantasnya mencontoh keperluan, semisal untuk keluarga dengan 1-2 orang buah hati, rumah minimalis 1 lantai dengan 2/ 3 kamar dirasa telah cukup. Biaya bangun rumah minimalis 3 kamar atau 2 kamar lebih murah.

4. Anggaran tak terduga

Selain menghitung biaya bangun rumah, lebih bagus memasukkan faktor anggaran tak terduga. biaya tidak terduga ini telah biasa dilaksanakan oleh mereka yang mau bangun hunian untuk berjaga-jaga. Apabila teladan biaya yang tak diduga seperti keperluan dekorasi interior dari jasa interior design, biaya menghias taman dan mengisi furniture dapur.

Kesimpulan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Kesimpulannya dihitung mengaplikasikan rata-rata harga di atas, karenanya dapat diperoleh ilustrasi biasa besar biaya bangun rumah minimalis ialah bisa menempuh Rp 305 jutaan sampai Rp 400 jutaan. Tentunya angka hal yang demikian telah termasuk biaya membeli tanah/ lahan. Kesimpulannya budget atau anggaran Anda terbatas, karenanya Anda dapat menyesuaikan perhitungan di atas dengan metode mengganti teladan rumah atau menghemat bahan material, dan sebagainya. secara khusus merupakan mengontrol anggaran layak kecakapan finansial Anda supaya cara kerja pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Rumah yang dicita-citakan dapat diperoleh tanpa seharusnya menggelontorkan kocek banyak dan tak boros.

Kata kunci terkait: biaya bangun rumah minimalis type 36. biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. biaya pembangunan rumah ukuran 10×15. membangun rumah dengan biaya 20 juta. cara menghitung biaya bangun rumah 2 lantai. biaya bangun rumah 2 lantai 2019. biaya bangun rumah 2 lantai 2018. biaya bangun rumah 2 lantai sederhana

Butuh bantuan profesional untuk proyek Anda?

Ceritakan Keinginan Anda

.