7+ Cara Menata Rumah Sempit Agar Terlihat Luas

Punya rumah luas menjadi hal yang cukup susah diwujudkan akhir-akhir ini ini, mengingat harga lahan perumahan semakin hari semakin tinggi sampai susah dijangkau. Tidak heran bila ini jadi tantangan tersendiri bagi yang tinggal di wilayah perkotaan.

cara menata rumah sempit

Semakin sempitnya lahan pemukiman di kota besar, karenanya rumah identik dengan ukuran kecil dan pas-pasan sekali. Meskipun seperti itu, Anda tetap bisa menata rumah imut dengan trik tertentu, supaya terlihat lebih luas.

Membenahi rumah supaya terlihat lebih luas menjadi hal yang biasa dijalankan, sehingga kesan sempit dan kecil bisa dihilangkan dari rumah Anda. Bukan hanya hemat tarif, langkah ini juga akan membuat rumah terlihat lebih nyaman dan menyenangkan untuk dihuni.

Selain memilih dan menempatkan perabotan yang tepat, melaksanakan trik tertentu untuk memberi kesan luas pada rumah merupakan hal lainnya yang sepatutnya Anda coba. Tidak susah, berikut 9 cara memoles rumah kecil supaya terlihat luas.

1. Pilih Warna yang Cerah untuk area Dinding

Warna rumah bisa memiliki dampak yang besar pada tiap perasaan atau suasana hati penghuninya. Apa saja warna tersebut?

cara menata rumah sempit

Cat selalu menjadi salah satu metode ampuh untuk menyelesaikan bermacam-macam kekurangan pada rumah, termasuk rumah yang sempit. Pemilihan warna cat yang tepat memang akan memberi kesan tersendiri, malahan bisa menjadi sangat berbeda dari biasanya.

Untuk membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih luas, Anda bisa menggunakan salah satu warna cerah atau terang untuk area dinding rumah Anda. Pilih dan sesuaikan warna cat ini dengan desain dan juga perabotan rumah, sehingga secara keseluruhan rumah Anda akan terlihat menawan dan nyaman.

2. Tempatkan Cermin pada Beberapa Spot

Cermin menjadi salah satu benda ajaib yang bisa memberi kesan luas pada ruangan, secara khusus untuk ruangan-ruangan yang berukuran imut dan sempit. Anda bisa memilih beberapa cermin berukuran sedang dan memiliki pigura unik untuk mempercantik rumah Anda.

cara menata rumah sempit

Letakkan cermin tersebut secara bersisian, sehingga kesan artistik dan luas bisa Anda dapatkan sekaligus. Penerapan cermin seperti ini bisa Anda terapkan di beberapa ruangan, terutamanya pada ruangan utama yang tak jarang menjadi komponen fokus rumah tersebut.

3. Pakai Karpet dengan Motif Pola yang Tepat

Penerapan karpet pada area lantai juga bisa menjadi opsi, terutamanya bagi Anda yang menyenangi menggunakan benda ini di rumah. Jangan sembarang memilih motif karpet, karena motif yang salah bisa saja membuat rumah terkesan menjadi penuh dan terlihat sempit.

cara menata rumah sempit

Sebisa mungkin pilih karpet dengan motif yang berpola kecil dan berulang, karena motif yang seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Karpet ini bisa Anda gunakan pada beberapa area rumah atau di bawah furnitur yang Anda pajang.

4. Pilih Furnitur yang Mempunyai Banyak Fungsi Saja

Guna memberi kesan luas, menghindari bermacam-macam perabot yang banyak tentu menjadi hal sepatutnya untuk dikerjakan. Anda sepatutnya membuat rumah lega dan tak dipenuhi oleh bermacam-macam barang-barang, terutamanya yang berukuran besar.

cara menata rumah sempit

Pilih dan gunakan furnitur yang memiliki fungsi banyak sekalian (multifungsi) yang bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan sekaligus, semisal ranjang yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya, meja yang bisa dilipat dan menjadi tempat duduk dikala tak digunakan, dan lainnya.

5. Memanfaatkan Area Dinding dan Membuat Jendela Berukuran Besar dan Lebar

Mempunyai bermacam-macam furnitur akan menjadi tantangan tersendiri di rumah sempit. Sebab Anda perlu menata segala sesuatunya dengan bagus. Untuk urusan yang satu ini, tak ada salahnya memanfaatkan area dinding rumah Anda.

cara menata rumah sempit

Anda bisa menggantung TV dan juga bermacam-macam perabotan elektronik pendukung lainnya di dinding saja, daripada Anda mesti mengaplikasikan area rumah Anda yang sempit dengan menaruhnya di meja khusus.

Sinar yang masuk ke rumah juga bisa memberi kesan luas di area dalam rumah, dan hal ini bisa Anda temukan bila memiliki jendela berukuran besar. Jadikan jendela dengan ukuran lebar dan besar, sehingga sinar matahari akan lebih banyak masuk ke dalam rumah. Selain itu, lengkapi juga jendela ini dengan tirai berukuran tepat dan panjang, supaya kesan luas memang bisa didapatkan dengan optimal.

6. Pakai Stiker pada Area Plafon

cara menata rumah sempit

Penerapan stiker pada plafon rumah akan memberi kesan yang berbeda dan membuat rumah terlihat lebih luas lagi. Kesan ini malah akan semakin gampang didapatkan, bila ternyata Anda bisa memilih desain dan warna stiker yang tepat. Pakai stiker ini pada area plafon rumah Anda dan temukan ilusi yang memberi kesan luas pada ruangan di bawahnya.

7. Hindari Furniture yang Merekat ke Dinding

Kalau untuk beberapa perabotan Anda perlu tempelkan di dinding, karenanya hal ini tak berlaku untuk beberapa furnitur lainnya. Anda perlu menghindari furnitur yang merekat langsung (mepet) dengan dinding, karena ini bisa memberi kesan penuh dan sempit.

cara menata rumah sempit

Hal ini berlaku untuk beberapa jenis furnitur yang umum dipakai, seperti sofa, meja, dan yang lainnya. Sebaiknya gunakan bermacam-macam perabot tersebut dengan contoh yang minimalis.

8. Pakai Sekat dan Hindari Penerapan Pintu

Rumah dengan ruangan yang dikontrol oleh pintu akan terasa lebih sempit, terutamanya bila ruangan-ruangan di dalam rumah memang tak berukuran besar. Hindari hal ini dengan cara menggunaan sekat antar ruangan saja dan hindari pengaplikasian pintu.

cara menata rumah sempit

Selain memberi kesan yang lebih luas, pengaplikasian sekat seperti ini juga akan membuat Anda lebih leluasa untuk menata rumah. Anda bisa mengaplikasikan sekat dari perabot yang punya fungsi lainnya.

Butuh bantuan profesional untuk proyek Anda?

Ceritakan Keinginan Anda

.