3 Macam Dinding yang Perlu Anda Ketahui

Mengapa perlu mengenal macam dinding? Coba Anda bayangkan tinggal di rumah, kantor gedung, dan tempat tinggal lainnya jika tidak ada dinding? Pasti panas, hujan, angin akan masuk kedalam bangunan tanpa terkontrol.

Dinding Interior Kamar

Tanpa adanya dinding juga pemilik rumah tidak dapat beraktifitas dengan bebas. Tidak mungkin kan bila Anda tidur, mandi, makan, beribadah dalam satu ruangan tanpa pembatas dinding.

Fungsi Dinding

Dinding merupakan bagian vital dari sebuah bangunan. Tidak sekedar berfungsi sebagai pembatas antar ruangan, tetapi dinding memberikan kenyamanan, privasi dan nilai kesehatan.

Pada kondisi tertentu juga dinding berfungsi melindungi dari keadaan luar yang tidak terkondisikan. Contohnya dinding pada ruang operasi dan studio musik yang memerlukan keheningan dari suara bising.

Nah dari pembahasan diatas fungsi dinding adalah sebagai berikut:

  1. Pemisah antar ruang yang memiliki fungsi berbeda.
  2. Pemisah ruang yang bersifat pribadi dan ruang yang bersifat umum.
  3. Penahan cahaya, angin, hujan, suara dan lain-lain.
  4. Pembatas fisik ruang.
  5. Penahan struktur (seperti lift, reservoir, dll).
  6. Penahan sinar radiasi atau zat-zat tertentu.
  7. Pelindung, seperti ruang brangkas dan gudang.

Macam-macam dinding

Dilihat dari fungsinya, dinding terdapat 3 macam yaitu dinding eksterior, dinding interior, dan dinding dengan fungsi khusus.

Dinding Eksterior

Dinding eksterior dibentuk agar selalu kuat dan juga harus indah dan tahan dengan cuaca diluar bangunan.

Dinding Bata exterior

Pemilihan jenis bahan atau material dinding yang digunakan juga berbeda-beda. Pemilihan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi alam yang berbeda. Sebagai contoh, dinding pada daerah rawan gempa tentu berbeda dengan dinding dengan daerah yang beriklim dingin dan sebagainya.

Dinding Interior

Dinding interior tentunya berbeda dengan dinding eksterior. Jika dinding eksterior biasanya adalah permanen, dinding interior ada juga yg permanen dan temporer. Pemilihan tersebut sesuai keinginan pemilik rumah. Contoh dinding yang bersifat temporer adalah partisi atau sekat pembatas yang bisa dipindahkan dengan mudah.

Karena dinding interior terletak didalam rumah, biasanya dinding dibentuk berdasarkan nilai estetika. Hal ini ditujukan agar dalam rumah tampak bagus. Serta mengabaikan fungsi perlindungan terhadap cuaca dan lain-lain.

Dinding dengan Fungsi Khusus

Dinding kedap suara

Dinding yang memiliki fungsi khusus tentu memiliki material dan bentuk khusus pula yang disesuaikan dengan fungsinya. Misalnya dinding laboratorium uji petir harus terbuat dari beton yang siap menahan suatu tekanan tertentu, lalu dinding kedap suara dibentuk dengan bahan akustik sesuai tingkat kebisingan yang dapat ditoleransi.

Manfaat Mengenal Macam Dinding

Setelah Anda membaca artikel ini, diharapkan anda mengetahui fungsi dinding, jenis material, perkiraan umur, serta biaya untuk setiap m2 nya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pemilik proyek tahu persis alasan memilih suatu material yang digunakan untuk membangun dinding, dan tahu kelebihan dan kekurangannya.
  2. Dapat memperhitungkan material apa yang dipilih sesuai dengan budget yang tersedia.
  3. Pemilik proyek dapat mengawasi dan menilai pekerjaan tukang benar atau tidaknya.
  4. Dapat menghemat biaya karena pemilik rumah menyerahkan kepada ahlinya dan memilih bahan dengan standar yang dibutuhkan sesuai kondisi.
  5. Pemilik proyek tahu kapan investasi dari jenis material yang digunakan ini berakhir, karena adanya pemahaman dasar mengenai prakiraan umur dan cara perawatannya.